Hukum itikaf bagi wanita

🍃🌺 *Apakah Itikaf bagi Wanita Dibolehkan?*

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc July 3, 2015 Amalan Leave a comment 1,896 Views

I I Hukum I Itikaf Bagi Wanita Bolehkah Wanita I

Imam Bukhari membawakan Bab “I’tikaf Wanita”. Hadits yang beliau bawakan adalah hadits berikut ini.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,
‎كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ ، فَكُنْتُ أَضْرِبُ لَهُ خِبَاءً فَيُصَلِّى الصُّبْحَ ثُمَّ يَدْخُلُهُ ، فَاسْتَأْذَنَتْ حَفْصَةُ عَائِشَةَ أَنْ تَضْرِبَ خِبَاءً فَأَذِنَتْ لَهَا ، فَضَرَبَتْ خِبَاءً ، فَلَمَّا رَأَتْهُ زَيْنَبُ ابْنَةُ جَحْشٍ ضَرَبَتْ خِبَاءً آخَرَ ، فَلَمَّا أَصْبَحَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – رَأَى الأَخْبِيَةَ فَقَالَ « مَا هَذَا » . فَأُخْبِرَ فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « آلْبِرُّ تُرَوْنَ بِهِنَّ » . فَتَرَكَ الاِعْتِكَافَ ذَلِكَ الشَّهْرَ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ عَشْرًا مِنْ شَوَّالٍ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Aku mendirikan tenda untuk beliau. Kemudian beliau melaksanakan shalat Shubuh dan memasuki tenda tersebut. Hafshah meminta izin pada ‘Aisyah untuk mendirikan tenda, ‘Aisyah pun mengizinkannya. Ketika Zainab binti Jahsy melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf dalam tenda, ia meminta untuk didirikan tenda, lalu didirikanlah tenda yang lain. Ketika di Shubuh hari lagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat banyak tenda, lantas beliau bertanya, “Apa ini?” Beliau lantas diberitahu dan beliau bersabda, “Apakah kebaikan yang kalian inginkan dari ini?” Beliau meninggalkan i’tikaf pada bulan ini dan beliau mengganti dengan beri’tikaf pada sepuluh hari dari bulan Syawal.” (HR. Bukhari no. 2033).
Ada hadits yang disebutkan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah dalam kitab beliau Bulughul Maram, yaitu hadits no. 699 tentang permasalahan i’tikaf.
‎عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ:- أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ اَلْعَشْرَ اَلْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ, حَتَّى تَوَفَّاهُ اَللَّهُ, ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. (HR. Bukhari no. 2026 dan Muslim no. 1172)
Apa Hukum I’tikaf bagi Wanita?
Imam Syafi’i memakruhkan secara mutlak i’tikaf wanita di masjid yang ada shalat jama’ah. Beliau berdalil dengan hadits pertama yang di atas (hadits pertama, pen.). Hadits tersebut menunjukkan bahwa wanita dimakruhkan beri’tikaf kecuali di masjid rumahnya. Alasannya, jika wanita i’tikaf di masjid umum, banyak nantinya yang melihat wanita tersebut.
Ibnu ‘Abdil Barr berkata, “Seandainya Ibnu ‘Uyainah tidak menambah dalam hadits bab bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih memberikan izin wanita untuk i’tikaf di masjid, tentu i’tikaf wanita di masjid yang ada jama’ahnya menjadi tidak dibolehkan.”
Sedangkan ulama Hanafiyah menyaratkan i’tikaf wanita di masjid rumahnya. Menurut ulama Hanafiyah pula wanita masih boleh i’tikaf di masjid namun bersama suaminya. Demikian pendapat dari Imam Ahmad. Lihat Fath Al-Bari, 4: 275.
Ibnul Mundzir dan ulama lainnya menyatakan bahwa wanita tidak boleh beri’tikaf sampai meminta izin pada suaminya. Jika wanita tersebut beri’tikaf tanpa meminta izin, maka suaminya boleh menyuruhnya keluar dari i’tikaf. Namun jika telah diberi izin, suami tetap masih boleh melarangnya setelah itu. Sedangkan menurut ulama Hanafiyah (ahli ro’yi), jika awalnya suaminya mengizinkan kemudian melarangnya, maka suami berdosa. Sedangkan Imam Malik tidak membolehkan seorang suami melakukan seperti itu. Lihat Fath Al-Bari, 4: 277.
Dari sini kita tahu bahwa masjid tetap syarat untuk i’tikaf. Karena wanita ketika i’tikaf saja harus meminta izin pada suami untuk keluar.
Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan, “Jika wanita ingin melaksanakan i’tikaf di masjid, maka hendaklah menutupi diri (dari pandangan laki-laki, pen.). Disyaratkan bagi wanita untuk berdiam di masjid selama tempat tersebut tidaklah mengganggu (menyempitkan) orang-orang yang shalat.” (Fath Al-Bari, 4: 277)
Hanya Allah yang memberi taufik.
 
Referensi:
Fath Al-Bari Syarh Shahih Al-Bukhari. Cetakan keempat, tahun 1432 H. Ibnu Hajar Al-Asqalani. Penerbit Dar Thiybah.

Selesai disusun di Panggang, Gunungkidul @ Darush Sholihin, 16 Ramadhan 1436 H
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Rumaysho.Com
Sumber : https://rumaysho.com/11342-apakah-itikaf-bagi-wanita-dibolehkan.html

P.s : untuk wanita yang mau beritikaf harus izin dulu yah sama orang tua atau suaminya biar di ridhoi Allah juga ibadahnya, lalu aku merekomendasikan tempat untuk wanita beritikaf yaitu di masjid baitul ihsan (bak indonesia) kenapa gitu? Karna dia ada basment khusus untuk wanita jdi ga ada ikhwan yang berlalu lalang so kita merasa aman☺. Karena kan kita perlu menjaga izzah dan iffah kita sebagai akhwat.  Kalo di masjid BI kita ga perlu ke aula utamanya buat ibadah segalanya di basment aja ibadahnya jdi ada layar yg nyambung ke aula utama jdi kita tau sedang apa di aula utama semisal ada kajian langsung live begitupun juga solat. 

Nih contohnya

My skripsweet💕

Assalamualaikum sahabatfillah.

Kali ini rara mau sharing sedikit soal skripsweet rara nih, kok namanya skripsweet yah? Yaa karna kan omongan doa walaupun dikerjakan dengan susah payah tp jgn diejek harus di hargai karna kan hasil kita sendiri☺

Pas bgt nih dibulan ini tahun lalu rara lagi ngegarap skripsi rara dengan penuh huhftt eluss dada tp tetap berkhusnudzon sama Allah😊

Oke, pas ngerjain skrips kan taukan abis ditinggalin doi, jadinya agak sedikit lemes2 gitu (lebay emang ini jgn diikutin)

Nah rara emang dari dulu mau lulus 3,5 tahun tp qadarullah bisa lulus 4 tahun itu juga termaksud hitungan cepet di fakultas rara. Dulu rara disaranin sama kaprodi orek untuk 3,5 tahun kata beliau melihat terdapat potensi itu di rara tp jengjeng, waktu itu kan pacaran sama doi nah temennya doi bilang ini “udahlah ra lu lulusnya nanti2 aja kasihan tuh pcran lu belum lulus lu bantuin dia dulu deh lagian kan lu masih lama masa abisnya untuk dikampus, lu bantuin di kan dpt pahala (padahal mah ga mudharatnya)” dan terhasutlah oleh omongan itu rara gagal mengambil matakuliah lebih cpt untuk lulus padahal kaprodi sudah meyarannkan sampe2 dia marah dan kesel serta kurang setuju dengan hub pacaran rara ya waktu itu rara mikirnya “bodoamat” hubungan2 gue kenapa lo yg ribet orang tua gue jg bukan. Tet!!! Salah besar ternyata nyeselnya skrng tp yaudah jgn di sesali tp diperbaiki. Dan Saking cepetnya rara lulus banyak yang beranggapan “yah raa mah jelas aja mudah cepet mulus juga jalannya orang deket sama dosen2 apalagi deket sama kaprodi”. Heeem mereka belum tau aja gimana susahnya semua ini, nih disini rara ungkap semua rahasia dibalik skripsi rara yah.

Kalian gatau kan betapa sulitnya rara mengerjakan? Rara ngerjainnya sendiri bener gatau apa apa tapi rara mau belajar dan berusaha. Waktu skripsi rara harus bolak balik cibubur-rawamangun karna waktu itu rara sambil pkl, bolak balik untuk bimbingan, ketemu dosen2, ngurusin surat2 dan harus mendengarkan setiap kali omongan yg ga enak dari orang. Dan belum lagi waktu itu di jurusan rara lg ada masalah diantara dosen2nya terpecah menjadi dia kubuh, waktu itu sampe bingung harus milih yang mana harus mihak kesiapa? Kalo mihak kesini dimusuhin kalo mihak kesini nih skripsi pasti gabakal kelar. Cobaa bungung ga? Mana disini dua duanya penting antara kaprodi dan kajur, sementara ini masa perahlihan jabatan yg skrng dipimpin penuh kaprodi tp harus menghargai juga kajur yg selama ini di segani mahasiswa dan bingung keduanya samasama merasa benar. Dan jgn lupa saya kejadian ini berlangsung rara selalu melibatkan Allah dan konsultasi ke orang2 yg dipercayai. Tau ga? Rara sampe dua kalo ganti dospem😭 gegara sk pertama dibilang ilegal akhirnya rara rubah pas ganti sk kedua yg resmi banyak yg musihin rara dan beranggapan rara itu penghianat serta cari muka dan caper padahal yaa rara hanya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh kampus tanpa caper dan carmuk yaa sewajarnya selagi itu keputusan tidak menzalimi rara bakal ikuti tp kalo menzalimi jgn harap rara mau mengikutinya. Dan pas awal rsra nyerahin judul skripsi rara ke kaprodi awalanya itu judul kaga diterima sama kaprodi dengan Alsean itu judul anak ikor! Sedangkan rara anak orek masa judl skripsinya begini beliau takut rara ga sanggup dan bisa memahami matakuliah anak ikor, qadarullah rara memberi penjelasan ke kaprodi dan berserah diri, khusnudzon sama Allah bahwa kelas pasti judul skripsi rara “evaluasi program sport injury management” ini di acc sama kaprodi dan alhamdulilla setelah proses panjang disetuji deh💪

Akhirnya sk pun keluar Rara punya dosen pembimbing 2 dospem pertama Ibu M dan dospem yang kedua bapak A. 

Beliau dua duanya sangat memberi pelajaran banyak. Ibu M beliau orang yg perfect, walaupun umurnya sudah tua dari dosen yg lain beliau sangat teliti untuk mengoreksi, beliau sangat disiplin beliau dosen panutan serta dosen yg di segani oleh dosen di fik karna dosen senior dan bapak beliau dulu rektor unj. Agak sulit memang bimbingan sama beliau tp beliau tidak pernah menyukitkan saya! Jika pekerjaan saya sudah benar beliau mau memberikan ttdnya kepada saya, pada waktu itu beliau mau pergi seminar ke taiwan saya mulai panik semestera saya blm kelar tp minggu depan beliau harus pergi sedangkan minggu depan itu pendftran terakhir dan pada akhirnya saya konsul ke beliau dan beliau memberikan ttd kepada saya dgn syarat harus bertanggung jawab dengan apa yang di kerjakan! 

Lanjut ke dospem ke dua bapak A si bapak A ini lebih ribet lg dari pada ibu M, si bapak A ini orangnya jail! Dia selalu menguji kesabaran! Tp masih dibatas wajar kok contohnya begini waktu saya mau lanjut ke penelitian dia bilang begini sama saya “kamu mau penelitian cepet banget, mana sayanliat dulu angketnya, apaan nih angket belum di validasi harus divalidasi dulu mana bisa main penelitian aja, kamu harus cari rumah sakit / klinik yg berbeda dari tempat penelitian kamu buat kamu sebarin dan validitas, udh gitu expertjudgementnya aja blm kamu tentuin, tentuin dulu sana” terus saya menjelaskan “pak maaf ini saya penelitiannya kualitatif, evaluasi pak jdi angket tdk perlu di validitas tp saya pake expertjudgement kok, experjudgementnya ibu Y pak, InsyaAllah saya akan konsul ke beliau, yasudah pak saya kan kerjakan”

Jenjeng selama sebulan lebih rara bolak balik ke cibubur cuma buat ngurusin izin validitas angket ke rumah sakit ydh mana direkturnya susah ditemuin ya udh dah itu sebulan gantung gitu aja yaudah akhirnya ketemu lagi sama bapak A dan laporan “pak saya udh kerumah sakit pak dan insyaAllah saya akan mulai validitas” dan beliau bilang “heem sebenernya saya udh tau ra bahwa penelitian kamu itu ga perlu ada validitas angket tp saya cuma mau ngetes kamu, kamu itu ngerti ga sama skripsi kamu, kalo kamu ga ngerti gimana orang lain yg membaca? Dan biar kamu tdk merasa gampang untuk mengerjakannya supaya nanti kamu punya tantangan yg bisa diceritakan “. rasanya pas bapak A bilang gitu rara pgn nonjok aja tuh bapak pgn maki-maki gitu astagfirrullah, pak sebulan saya stuck seharusnya saya bisa lanjut penelitian ya ampun

Ini dia dospem 2 rara

Lanjut ke dosen experjudgement ya sama layaknya setiap dosen tidak mau disalahkan dalam penelitian mahasiswa makanya dosen tersebut selalu teliti dalam mengkoreksi, seperti ibu Y ini dia ga kalah pentingnya dari dospem 1 dan 2 rara . Beliau punya andil karna beliau rara bisa lanjut ke penelitian dan skripsi. Kadang bingung jg kenapa bisa akrab smaa ibu Y padahal kenalnya ga lama karna exprejudgement itu udah gitu setelah di ceritain kalo mama rsra orang medan, tanjung balai melayu deli beliau makin akrab sama saya sampe2 saya di ajak untuk menjadi penerima tamu waktu anaknya nikah, sangat sulit lho untuk deket dengan beliau kata orang orang begitu sih. Tp beliau sangat baik jdi penah beliau newarkan seperti ini ke saya “ra kamu abis ini mau lanjut s2 tidak? InsyaAllah saya mau bu” “kalo kamu mau ra, nanti ibu mau kamu seperti ibu menjadi dosen ra, ya sambil kamu s2 sambil kamu belajar jd asst dos dulu, kalo kamu mau itu ra, ibu pgn orang kita yg kelak mengantikan ibu mumpung ibu masih sehat ra” dan tawaran itupun sampai skrng masih ada dipikiran saya sampe saya bingung harus gimana, banyak pertimbangan akan saya menlanjutkan s2 skrng😭. Semoga selalu dimudahkan Allah aamiin. Dan selain penawaran itu beliau jg membantu saya pas saya mau dftr sidang tp ketunda karna kaprodi saya. Dan kalian tau tbtb dia menghubungi kaprodi saya dan bilang “bu maaf, tolong ya bu di bantu raranya untuk bisa dftr sidang yang saya tahu dia sudah siap dan administrasinya sudah lengkap” dan rara rada ga enak takut dibilang adu dombalah atau apalah. Tp emang qadarullah yah Allah punya rencana baik akhirnya rara bisa dftr sidang tnpa kaprodi rara marah sama rara lantaran beliau di tegur sama ibu Y” dan h-1 rara sidang rara jd pagaer ayu disana rara ketemu dosen2 yg besok akan menguji skripsi rara, entah ini kesempatan untuk bersilahturrahmi tnpa caper dan carmuk atau apalah ini memang qadarullah Allah samgat indah, rara bisa bertemu serta menyapa dosen2 yg besok bakal nguji rara” 

Nah setelah di acc rara boleh lanjut penelitian dan saat penelitian jg ga mudah, rara pertama ditolak halus sama manager klinik yg mau rara teliti kata beliau ini dadakan ga semudah ini mengevaluasi suatu tempat dengan jangka waktu pendek, bener jg sih, beliau bilang ini menyangkut reputasi nama klinik ini. Udh pgn nagis itu bab 3 udh kelar masa harus ganti judul😭 lantaran ga ditrima peneitian disitu, akhirnya beliau meminta waktu untuk membaca lg dan memikirkan lg, pas itu rara ga lepas ngedoain beliau rara bacain tuh beliau surat Al-Insyirah rara selipin nama beliau agar beliau mau nerima rara penelitian disitu, qadarullah Allah mengabulkan akhirnya rara bisa penilitan yeya! 

Lanjut ya, akhirnya hari itu tgl 18 july 2016 rara bisa sidang juga alhamdulillah, eitss jangan salah ga semudah itu buat sidang! 

Rencana rara seblum puasa bisa sidang atau pas puasa sidangnya tp ternyata belum bisa, qadarullah ternyata Allah mau rara bulan puasa focus ibadah lebih mendekati diri kepadaNya dan bertaubat serta meminta. Dan iya bener disaat ini rara mulai mumutaskan niat untuk berhijat dengan tekad Allahuakabar!

Pas sidang rara bingung gimana ini selama ini rara ngerjain sendiri udh gitu metode rara ini dospem rara ga sepenuhnya menguasai rara bener2 ngerjain sendiri ga bareng sama temen2 nyari buku sendiri. Cuma bermodal ilmu dr metlid statistik dan sps. 

Waktu itu rara berusaha nenangin diri baca surat Al-Kafh dan baca surat Al-Insyirah sebelum masuk ruangan sidang. Pas didalam ada salah sayu dosen penguji bapak K yg nanyanya tuh gencer bgt antara nguji sama mau nyecer beda tipis yah tp alhamdulillah bisa kejawab tnpa ada rasa sok tau harus merendah emang kalo sidang itu. Oh iya sebelumnya rara pernah berharap berdoa semoga rara ga diuji sama pak J, pak J emang dospem pkl rara kalo sama dia rinet se ribetnya baik sih tp ya gimana yah dibilang mempersulit iya ga juga iya tp emang dia punya alesan jg begitu alhamdulillah dia ga jdi penguji rara karna dia kan sibuk rara takut dia gabisa ttd rara untuk pemberkasan skripsi buat wisuda. Alhamdulillah rara dinyatakan lulus dengan syarat memenuhi revisi dengan waktu yg di tentukan! 



Heem ternyata ujiannya ga hanya disebelum sidang yah, ternyata sesudah sidang lebih2, jdi waktu itu ada temen rara dibilang sama dosen K kalo skripsi dia sama kaya rara, dan rara kaget dong, akhirnya rara langsung memberi penjelasan sama dosen K ini kebetulan beliau penguji, rara jelasin kalo rara bukan plagiat dan rara jg ga memberikan apa apa sama temen rara itu, rara jg gatau kenapa bisa terdapat kesamaan walaupun hanya sedikit. Akhirnya setelah diberi kejelasan beliau mau ttd tdnya beliau bilang kalo ga jujur diantara keduanya ga akan ada yg saya ttdin. Coba hampir pupus harapan buat wisuda september.

Heem emang sih revisinya ga banyak tp susah lho ketemundosennya itu pernah rara nyamperin tuh ibu di hotel karna dia lg ada tugas O2sn disitu rara ga langsung dpt ttd rara harus nemenin beliau karna beliau lg banyak kerjaan dari jam 3 rara dtg rara baru dpt ttd jam set 8 cobaa itunjg dpt ttd beliau harus ngikutin kegiatan beliau dan melakukan sesuatu hal.

Dan lg lagi ada aja lg yakan masih ada ada omongan rara mah kan ceesan dosen makanya gampang dpt ttd, gampang? Nih buktinya PA rara sendiri aja gamau ttd gatau alesannya apa dan gatau jg apa yg dia koreksiin udh dibetulin sesuai maunya masih jg salah! Setelah ditelusuri ternyata ada something toh. Yaudah didoain aja semoga beliau di lunakan hatinya. Padahal dr semester 1 rara selalu konsul sama beliau untuk perkuliahan rara ga pernah absen tiap semesternya buat konsel PA, setelah itu Allah memudahkan lagi akhirnya di ttd dan rara bisa dftr wisuda hehe alhamdulillah. Bisa nyenengin orang tua sedikit walau ga seberapa yakan? Skrng udh ga ditanyain lg kapan wisuda tp di tanyain kapan nikah heem didoain aja ya temen temen. 

Rara mau bagiin tips skripsweet sukses anti menyerah ala-ala raratresn buat temen-temen yg lg skripsian atau yg lg mau ambil skripsi.

1. Selalu melibatkan Allah dalam melakukan apapun mau lg seneng atau lg sedih jgn sampe Allah bilang “lu siapa? Giliran seneng aja lupa, giliran sedih baru inget” (istilah kasarnya) temen aja gamau digituin apalagi Allah?👍🏻

2. Minta doa restu sama orang tua semoga dipermudah dan di lancarkan

3. Shalat 5 waktu jangan ditinggalkan, ikutin sunnahnya seperti shalat dhuha, tahajud, puasa senin-kamis baca quran.

4. Gaboleh baper! Gaboleh manja! Kerjain dulu sendiri biasakan mandiri tnpa mengandalkan orang apalagi akhwat gausahlah minta tolong sama ikhwan kalo temen akhwat ada.

5. Sering sering main ke perpustakaan

6. Perbanyak teman yg soleh/soleha dan dpt dipercaya ini penting karna kamu kan makhluk sosial butuh ada yg nolongin dan gabisa sendiri terus dan open minded yaitu mau bertanya dan belajar sama temenjn jdi manusia yg sok tau! 

7. Jadi PJ kelas matakuliah Statistik, Metodelogi penelitian, dan sps. Ini memudahkan kalian untuk mengerjakan skripsi selain itu jg bisa dekat dengan dosen tnpa harus caper! Dosen jg tau kok mana caper mana tulus. Selain itu jg bisa dpt refrensi dr dosen atau minta tolong buat penelitian jd nambah ilmu kan.

8. Targetin setiap harinya kamu mau melakukan apa jgn ga punya arah tujuan.

9. Pantang menyerah!

10. Bertaubatlah! Barang kali kesulitan mu ini adalah penyebab dari dosa2 yg telah kamu perbuat. Ikhtiar dan tawakal Allah ga tidur, proses tidak akan mengkhianati hasil!! 

“Sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan” -Al-Insyirah

Penyesalan yang gaboleh disesali

IMG_8169.PNGAssalamualaikum sabahatfillah…

Kali ini aku mau cerita tentang “penyesalan” sebenernya sih bukaN buat menyesal atau ngumbar aib enggak sih cuma sharing aja biar kalian ga seperti saya…

Okee lanjut yah….

Jadi begini lhoo yaa sama seperti yang anak muda lainnya saya ‘dulu’ pacaran bahkan sampe gatau udah berkali pacaran, sampe dari smp atau sma dijulikin “mantan terbanyak” (maaf) bukan bangga malah kadang kalo inget itu suka istigfar sampe nangis kenapasih rara bisa banyak bgt mantannya sampe ga keitung yaAllah maafin hamba yaAllah. Tp mantan banyak bukan berarti piala bergilir! Ga yah! Cuma ga awet aja gitu pacarannya.

Oke singkat cerita rara nemuin cowo yang bener2 unik gitu, kebetulan dia temen sekelas rara pas kuliah, kalo di liat dari kepribadiannya yah insyaAllah rajin ibadah, sampe dulu rara pernah ga solat subuh terus di nyuekin rara seharian gitu dulu mikirnya agak freak gitu yah, ya maklum dulu rara ya begitulah… nah pas deket sama doi rara suka cerita sama mama sampe mama kaya berperan penting dalam hub itu mama yg selalu kontrol dan waktu itu dia gamau pacaran katanya mau langsung nikah? Dulu mikir yakali nikah baru juga semester 3 dan pada akhirnya dia mau juga pcran dia nembak dan jadian. Pdktnya lama tp hadiannya bentar! Kok bntr ? Iya bentar jadi ternyata ada senior yang diem2 merhatiin rara dan rarapun yg tadinya takut sama senior dan ga pernah mau jadian sama senior pada akhirnya kepincut juga dan meninggalkan temen sekelas rara itu. Dan smeua orang marah sama rara. Berbagai hujutan pun datang dan disitu rara ga peduli karna mikir gue ini kok yang ngejalanin kenapa lu pada yg repot? (Astagriullah jgn diikutin yah). Singkat cerita putus sama yg temen sekelas terus jadian sama senior selama 2 tahun.

Pas pacaran sama senior mama ga suka karna mama takut rara di mainin atau ga diseriusin gitulah.

Singkat cerita nih senior udh ketinggalan banget nih kuliahnya bisa hitungan 1tahun lebih lah kalo dia gabisa lulus juga di bakal di DO. Yaa namanya yah sebagai pcr pasti ga tega, disitu rara bener2 ngesupport dia ngebawelin mulai dr kuliah tugas kuliah. Sampeeeee akhirnya dia bisa skripsi juga!!

 

Kata orang orang sih yah banyak yg bilang skripsi dia rara yang buat! Tp enggak kok, dia buat sendiri cuma ya ada beberapa refrensi dari rara dan jalan mulus menuju skrispi itu ada peran rara. Karna kebetulan…. pkknya ada deh yg bisa dia mulus skripsi. Well semua orang tau seOrek tnpa harus rara sebarkan! Makanya kalo ada temen-temen yang pgn minta bantuan sama rara skrispsinya bukannya rara gamau bantu sampe slesai, RARA TRAUMA!! takut dikhianatin lg dr pada kita berantem jdi rara cuma bisa bantu seadanya. Maaf yah!

 

 

Lanjut akhirnya dia sidang, yang sidang siapa yang repot siapa, gatau kenapa rara dulu kalo udh sayang ama org ya bakal apa aja dilakuin (bukan hal-hal yang buruk yah!)  setelah dia sidang hub berjalan lancar jaya hubungannya, kita jalan jalan dan seneng2 deh yah! Nah menjelang dia wisuda banyak maslah tuh yang adalah rara dibilang selingkuh, sebenrnya ga selingkuh cuma temenan ya namanya temen semua cowo ya mau gimana ? Udh tuh baikan, akhirnya dia wisuda juga. Pas dia wisuda rara berangkat bareng sama dia dan keluarganya. Sedikit cerita rara tuh udh deket sama keluarganyadan hampir mau punya rencana nikah, tp orangnya setiap di tnya “kamu mau nikahin aku kapan” jawabannya “ya kita jalanin aja dulu kamu kan jg blm lulus” disini rara udh sedikit sadar kalo pacaran itu dosa dan kebetulan rara itu udh berhijab juga jdi sedikit sadar sama dosa.

Lanjut… 3 atau 5 hari setelah dia wisuda entah kenapa jadi ribut gitu…

rara kalo ribut langsung mau nyelesain masalah akhirnya rara dtg kerumahnya. Dan ternyata dia gamau ngomong sama rara. Tp dia ngecheck hape rara lama banget tuh tau2 dia marah besar dan bilang “tuh kan masih aja dikepoin tuh cowo” padahal sama sekali ga ngepoin dia. Entah itu dia nyari alesan buat putus atau apa gatau lah yah.

April diemin dan digantungin selama sebulan bulan mei di putisn karna alesan ga penting!  Pas diputusin bener2 kaya org ga punya arah (jangan diikutin pliss) terus marah2 doang bisanya nangis bla bla. Galau ga karuan.

Pada akhirnya, jeder!!! Semua ketauan, ternyata eh ternyata doi udh sama cewe, dan kebetulan cewe itu murid dia, di situ pas tau antara kesel geli atau gimana campur aduk. Mulai makin ga karuan.. deh.

Masuk di bulan puasa, makin nyadar smaa galau yg ga karuan ini, lama lama ngelupain tentang dia, ngelupain karna udh males aduh apasih kenapa sama anak yg baru lulus smp gitu pacarannya sedangkan umur beda jauh bgt. Jdi ilfeel sendiri. So buat kalian ini jdi pelajaran nih, gausahlah terlalu sayang smaa kekasih yg belum halal. Jujur disini bener2 nyesel kenapa yah harus pacaran? Kenapa harus kenal banyak cowo? Kalo kalian mau bilang ya semua tergantung org pacarannya gimana? Maaf yah sahabat rara jg pacarannya ga terlalu jauh yg gimana gimana cuma yaa tetep aja yg mau pacaran itu udh termaksud zina, dan zina itu dosa.

” Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk

Al ~ Qur’an surat Al – Isro’ (17): 32 ” tuh kan bener kan ada firman Allah yg membenarkan kalo zina itu dosa.

Apalagi buat para ukhitfillah, para perempuan itu perhiasan dunia, masa perhiasan dunia mau di colak colek sana sini, ya keles perhiasan mahal gabisa dibeli dengan rayuan gombal! Makanya harus ada akad nikah serta mahal dan maharnya jg ga sembarangan untuk membeli perhiasan dunia, apalagi buat temen-temen yang punya pcr beda agama yaAllah mending diudahin yah jangan bilang itu takdir Allah, Yang seiman aja dilarang apalagi yg beda? Jadi kamu tanyain nih ke pcr kamu, halalin atau kamu tinggalin! Ah ra lu mah enak kalo ngomong, ya enak kok ngomong doang tp kan disini rara berbagi cerita biar temen2 ga sperti rara ya rara tau kok hidup manusia bakal berbeda2 tp seenggaknya belajar dr pengalaman kan? Karna belajar dari pengalaman rara memutuskan insyaAllah no khalwat until akad😊. Bismillah semoga Allah memudahkan jalan rara dan tema-teman yg mempunyai niat seperti rara. Ya rara cuma bisa berdoa, semoga yang masih pacaran disegerakan untuk menghalalkan pasangannya, dan yg menjomblo semoga diberikan jodoh yang soleh/soleha khususnya doa buat rara nih temen2 doain yah semoga jodoh rara segera dateng💕.

Dan satu lagi kalo bisa pasangan kita itu yang bener2 kedua orang tua kita restui dan ridhoi. Termaksud harus selalu menyertai Allah dalam mengambil keputusan! Jangan gegabah istikharah terpenting, jgn pas ada masalah baru dtg ke Allah nanti Allah bial g “lo siapa? Baru inget gue skrng?” (Isitlah kasarnya) astagfirrullah semoga kita tidak diseperti itukan oleh Allah. Dan harus denger apa kata orang tua kalo ga baik ya gabaik. Rara dulu sepet nyesel ga dengerin dan ternyata kejadian kan apa yang dibilang orang tua itu bener karna mereka lebih banyak makan garam dari pada kita. Yaa sampai sini aja dulu yah bye! Semoga bermanfaat. Semoga postingan ini tidak membuat kalian benci sama rara yah dan berfikiran macem2 tentang rara. Rara hanya ingin sharing itu aja kok. Makasih buat yg udh mau baca💕

 

Btw fyi alhamdulillah rarra udah ga ada maslaah lagi sama kedua belah pihak, antara pihak temen sekelas dan senior, insyaAllah udh saling memaafkan dan ga ada dendam serta benci diantara kita☺

Intro

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Helloo semua, welcome to my blog. Disini rara bakal berbagi cerita. Sharing tentang ilmu agama, sharing tentang baperan wkwk. Ga deh gaboleh baper muslimah solehaa gaboleh baper atau terlalu galauin fulan yah! Atau kejadian yg menarik yg pernah rara alami. Rara nulis disini karna mungkin kalo disni kan yang baca yg mau aja kalo di IG gimana terlalu menyorot kali yah sampe2 followers berkurang gegara rara dakwah mulu. Heemm yaa namanya dakwah pasti ga semulus yg kita bayangin, Rasullah SAW aja jalan dakwahnya jg ga mulus malah diam diam tp pasti. Yaa semoga bermanfaat yah. Sebelumnya rara bakal perkenalin diri rara nih, tak kenal maka ta’aruf hehe☺.
Nama : Rara Tresnainy

Panggilan : rara, mancay, teteh dll

Tempat, tgl lahir : Jakarta, 2 maret 1994

Hobby : travelling, olahraga dan makan jgn lupa beribadah juga yah☺.

Angka kesukaan : 2.

Warna kesukaan : Merah or maroon

Makanan kesukaan : yang pasti masakan mama dan sate!!!

Minuman kesukaan : air mineral yang ga dingin nomer 1

Anak : 1 dari 4 bersaudara

Idola : Rasullah SAW

Motto hidup : don’t look back

Pekerjaan : Guru Olahraga Di salah satu SD islma swasta di daerah Srengseng jakarta barat.

Golongan darah : A

Riwayat Pendidikan :

– SD : SDS Kertapawitan (lulusan 2006)

– SMP : SMPN 248 Jakarta (lulusan 2009)

– SMA : SMAN 95 Jakarta (lulusan 2012)

– S1 : Sarjana Olahraga, Universitas Negeri Jakarta

My goals : banyak sih! Tapi yang paling utama meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Aamiin

Mungkin segitu dulu aja kali yah, kalo mau tau lebih jauh lagi ya dateng aja kerumah hehe☺.

Wa’alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh